30 September, 2011

modal minim bisa berkebun naga...

Panduan Bisnis Buah Naga Bagi Modal Minim (3)

3. Langkah selanjutnya adalah pengadaan bibit versi hemat dan cepat, jika anda baru memulai budidaya buah naga dan belum mempunyai bibitnya, sebaiknya anda membeli bibit dari saya, dimanapun lokasi anda selama masih masuk wilayah Indonesia, saya akan kirim kesana. Mengapa harus membeli bibit dari saya dan bukan ditempat lain? ya karena saya yang memandu anda dengan pengalaman saya selama ini, hitung-hitung simbiosis mutualisme lah, sama-sama menguntungkan he..he...

Anda dapat membeli bibit buah naga berbagai ukuran, 30-40cm atau lebih bagus lagi bibit 1 meteran (bisa anda potong-potong menjadi 10 bibit), jika anda mau lebih berani dan berspekulasi bagaimana kalau anda membeli bibit dari saya tanpa akar (potongan cabang), yang jatuhnya lebih murah bagi anda dan lebih mudah bagi saya pastinya... he..he..

buah nagabuah naga


Pembuatan bibit pada umumnya dengan memotong cabang dengan ukuran 25-40cm, tapi bagi anda yang ingin memperbanyak bibit tetapi modalnya terbatas, anda bisa memotong cabang untuk dijadikan bibit dengan panjang 10-15 cm saja. Jangan kuatir tidak akan tumbuh tunas, selama ada titik durinya maka tetap bisa tumbuh tunas.

bibit buah nagabibit buah naga


Yang perlu di ingat, jangan menanam bibit terlalu dalam, cukup 5cm saja atau letakkan sambil ditekan sedikit agar tidak rubuh. Anda bisa menanam potongan stek cabang tersebut langsung dalam tanah, pot, polybag, ember bekas, tong, kaleng dll. Gunakan apapun yang anda punya atau barang bekas yang harganya sangat murah, tidak ada pengaruhnya. Dan jangan lupa untuk memberikan pupuk kandang ayam supaya tumbuh lebih cepat. Kenapa nggak pupuk kimia saja yang lebih mudah dan praktis? ya karena ini untuk yang modalnya terbatas.

bibit buah naga

Jika anda mau lebih hemat lagi, jika tunas tumbuh cukup panjang dan besar, bisa anda potong-potong lagi, tapi ingat, bibit dari batang muda jangan dijual, bibit ini hanya untuk memperbanyak populasi tanaman anda, apakah bibit muda lebih lama berbuahnya daripada bibit tua yang pernah berbuah? Iya, betul. Tetapi bedanya juga nggak terlalu jauh jika anda mau menyuplai nutrisi yang lebih banyak. Kalau anda ingin menjual dan dipercaya konsumen anda, ya harus dari bibit yang berasal dari cabang yang berumur atau pernah berbuah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar